Rabu, 01 Januari 2014



GAMBARAN UMUM JOB DESK di ABC
Ø  Direktur
1.    Mengontrol seluruh agenda kerja lembaga
2.    Bertanggungjawab atas segela kebijakan lembaga
3.    Memberikan arahan dan motivasi terhadap pengurus lembaga
4.    Bertanggungjawab atas kemajuan lembaga
5.    Menjaga hubungan baik terhadap pimpinan lembaga lain di luarABC

Ø  Wakil Direktur
1.    Menggantikan tugas direktur ketika berhalangan
2.    Memberikan masukan dan saran kepada direktur dalam mengambil keputusan
3.    Mengordinir setiap manajer dalam menjalankan agenda kerjanya
4.    Bertanggungjawab kepada direktur dalam pencapaian target kerja
5.    Bersama-sama direktur untuk memberikan arahan dan motivasi kepada pengurus yang lain

Ø  Sekretaris
1.      Bertanggungjawab atas segala administrasi, dokumentasi, dan pengarsipan lembaga
2.      Bertanggungjawab atas segala urusan rumah tangga lembaga
3.      Menjadwal, menyiapkan, dan mencatat agenda dan hasil meeting rutin pengurus
4.      Mengatur sirkulasi administrasi surat-menyurat lembaga

Ø  Keuangan
1.      Mengatur sirkulasi keuangan lembaga
2.      Bertanggungjawab atas penerimaan, pengamanan, dan pembagian hasil usaha lembaga.
3.      Bertanggungjawab atas pengamanan kas dan modal usaha lembaga
4.      Bertanggungjawab atas ketertipan arus keuangan lembaga

Ø  HRD (Human Resources and Development)
1.    Menjalankan fungsi kaderisasi lembaga
2.    Menyeleksi, mengordinir, dan memantau SDM (Sumber Daya Manusia) lembaga
3.    Meningkatkan kualitas dan loyalitas anggota dan pengurus Memberikan layanan pelatihan, seminar, atau konferensi tentang kewirausahaan kepada non anggota
4.    Menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas untuk menunjang keberlangsungan unit usaha lembaga

Ø  RnD (Riset and Development)
1.    Mencari, menjalankan, dan bertanggungjawab atas unit usaha (produk/jasa) lembaga yang inovatif dan bernilai jual
2.    Bertanggungjawab atas pengembangan usaha intern lembaga
3.    Memberikan layanan pelatihan usaha kreatif kepada anggota dan non anggota lembaga
4.    Mencari ide-ide baru dalam berbisnis

Ø  PR (Public Relationship)
1.      Menjalin hubungan baik dengan pihak-pihak diluar lembaga
2.      Bertanggungjawab atas segala informasi yang masuk atau keluar lembaga
3.      Bertanggungjawab dalam memberikan pelayanan jasa pengurusan administrasi dan perizinan UKM
4.      Memberikan pelayanan konsultasi kewirausahaan
5.      Bertanggungjawab dalam penyediaan perpustakaan ide bisnis kepada anggota dan non anggota
6.      Bertanggungjawab atas pengenalan seluruh unit usaha lembaga
7.      Membuat, menjalankan, dan mengevaluasi target penjualan seluruh unit usaha lembaga
8.      Membuat inovasi-inovasi dan strategi penjualan seluruh unit usaha lembaga

Ø  Operational (Unit Usaha)
1.      Membuat, mengontrol, dan mengevaluasi standar pelayanan lembaga kepada konsumen
2.      Menerima, mengolah, dan mengajukan saran dan kritik konsumen
3.      Memberikan pelayanan konsultasi dan pembinaan usaha baru bagi mahasiswa
4.      Bertanggungjawab atas terlaksananya SOP (Standar Operasional Prosedur) untuk semua unit usaha lembaga
5.      Betanggungjawab atas kinerja Penanggungjawab Outlet (PO) dan asisten PO
Bekerjasama dengan PO dan asisten PO dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada konsumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar